Jumat, 06 April 2018

2.1 Jelaskan dan berikan contoh, apa yang anda ketahui tentang gaya animasi dalam teknik pembuatan grafik ?


Gaya animasi dalam teknik pembuatan grafik

- Gaya film animasi didasarkan pada proses teknik pembuatan gerak animasi yang digunakan dalam produksi film animasi. 

* Rhotoscope (Gaya Menjiplak Realistis)
Film animasi yang gerak animasinya menjiplak dari gambar film live-action atau gambar video yang ada, sehingga gerak yang tampak sangat halus dan natural seperti gerak hidup sebuah film live-action biasa.
Beberapa studio besar seperti Walt Disney, pernah melakukan kegiatan ini. Sesungguhnya hal ini dilakukan untuk tujuan menganalisis studi gerak, baik itu gerak manusia, binatang ataupun gerak untuk efek visual lainnya. Sehingga untuk beberapa kebutuhan gerak animasi tertentu dapat terpenuhi secara lebih efisien dan efektif. Beberapa contoh film animasi yang banyak memanfaatkan gaya ini adalah film animasi “Anastasia”, “Final Fantasy”, “Titan AE” dan beberapa film produksi Walt Disney Pictures.

* Limited (Gaya Sederhana)
Gaya limited ini lebih banyak digunakan pada film animasi berseri paa stasiun televise yang membutuhkan tingkat produksi tinggi demi usaha kejar tayang yang sesuai dengan jadual yang telah ditentukan. Oleh karenanya gaya limited merupakan film animasi yang memanfaatkan gerak animasi sederhana, dan lebih mengutamakan unsure cerita disbanding unsure gerak animasinya. Teknik  gerak animasi yang digunakan seperti gerak ainimasi vberulang (cycling: walk-cycle, run-cycle etc.) dan teknik animasi potongan (cut-out animation), yaitu dengan memisah-misahkan beberapa bagian gerak animasi menjadi beberapa lapis cel atau layer yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan secara efektif, sesuai dengan kebutuhan cerita.

* Exaggeration (Gaya Berlebihan)
Exaggeration adalah suatu gaya yang melebih-lebihkan gerak sehingga tampak lebih dramastis dan ekspresif dalam mempertegas pesan adegan yang akan disampaikannya. Umumnya gaya film animasi ini merupakan suatu bentuk karya para animator dalam usaha mengembangkan imajinasi dan eksploitasi ekspresi gerak yang luar biasa. Beberapa contoh film animasi yang menggunakan gaya ini adlah beberapa film animasi Walt Disney seperti, “Mickey Mouse”, “Donald Duck” dan beberapa film animasi lain seperti “tom and Jerry”, “Tiny Toon” dan lain-lain.



Sumber  : http://milaniawahe.blogspot.co.id/2008/11/gaya-film-animasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar