Pengertian Manajemen layanan Sistem Informasi dan contohnya
Manajemen layanan
Sistem Informasi Manajemen layanan Sistem Informasi atau IT Service Management
(ITSM) Mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan kualitas layanan TI yang
memenuhi kebutuhan bisnis. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyedia layanan
TI melalui kombinasi yang tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi
ITSM sangat penting untuk perusahaan karena umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Layanan TI juga bertindak sebagai agen perubahan untuk memfasilitasi transformasi bisnis. Manajemen Layanan Sistem Informasi dapat membantu penyedia lyanan untuk memberikan dan mengelola layanan ini. Dalam hal ini, ITSM dapat dianggap atau dianalogikan sebagai perencanaan sumber daya perusahaan/Enterprise Resource Planning(ERP) untuk IT – meskipun akar sejarah dalam operasi TI membatasi penerapannya di seluruh kegiatan besar TI lainnya, seperti IT manajemen portofolio dan rekayasa perangkat lunak.
ITSM sangat penting untuk perusahaan karena umumnya menangani masalah operasional manajemen teknologi informasi (kadang disebut operations architecture, arsitektur operasi) dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Layanan TI juga bertindak sebagai agen perubahan untuk memfasilitasi transformasi bisnis. Manajemen Layanan Sistem Informasi dapat membantu penyedia lyanan untuk memberikan dan mengelola layanan ini. Dalam hal ini, ITSM dapat dianggap atau dianalogikan sebagai perencanaan sumber daya perusahaan/Enterprise Resource Planning(ERP) untuk IT – meskipun akar sejarah dalam operasi TI membatasi penerapannya di seluruh kegiatan besar TI lainnya, seperti IT manajemen portofolio dan rekayasa perangkat lunak.
-
Contoh Penyedia Layanan SI/TI Salah satu Penyedia
Layanan TI adalah layanan cloud
computing di Indonesia yang bisa memberikan solusi tepat untuk kemajuan
bisnis. Perusahaan-perusahaan tersebut memberikan kemudahan bagi siapa saja
yang ingin menjalankan bisnis lebih mudah dan melakukan penghematan biaya
operasonal terutama biaya TI. Layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut
bisa Anda pilih sesuai kebutuhan perusahaan.
Sama halnya dengan layanan lainnya, cloud computing juga memiliki berbagai pilihan layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien. “Zaman sekarang dituntut serba cepat, siapa cepat dia dapat”. Cloud computing memanfaatkan internet
dengan jangkauan luas dan cepat untuk membantu Anda menyediakan dan menyimpan
data dengan mudah melalui jaringan internet.
Sumber : http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/manajemen-layanan-strategi-layanan-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar