Kerangka kerja Manajemen Layanan Sistem informasi dan Contohnya
ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki
minat yang sama dengan kerangka kerja
dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business
Process Management, dan CMMI).
Kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh
penerapan ITSM di antaranya:
1. Information Technology Infrastructure Library
(ITIL)
2. Control Objectives for Information and Related
Technology (COBIT)
3. Software Maintenance Maturity Model
4. PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT
5. Application Services Library (ASL)
6. Business Information Services Library (BISL)
7. Microsoft Operations Framework (MOF)
8. eSourcing Capability Model for Service
Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations
(eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.
Salah satu contoh
nya ITIL atau
Information Technology Infrastructure
Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi
Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,
pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam
suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI.
Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari
Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail
tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur
yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.Walaupun
dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada
pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling
dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service
Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support
(Dukungan Layanan).
Sumber :https://kolisbervespa.wordpress.com/2016/04/09/manajemen-layanan-sistem-informasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar