Senin, 19 Maret 2018

1.3 Sebutkan dan jelaskan kerangka kerja man. Layanan SI & berikan contohnya!

Kerangka kerja Manajemen Layanan Sistem informasi dan Contohnya

ITSM berfokus pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma, Business Process Management, dan CMMI).

Kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan   ITSM di antaranya:
1.   Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
2.   Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
3.   Software Maintenance Maturity Model
4.   PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT
5.   Application Services Library (ASL)
6.   Business Information Services Library (BISL)
7.   Microsoft Operations Framework (MOF)
8.   eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.

Salah satu contoh nya ITIL atau Information Technology Infrastructure Library (Bahasa Inggris, diterjemahkan Pustaka Infrastruktur Teknologi Informasi), adalah suatu rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. 

Nama ITIL dan IT Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of Government Commerce (OGC) Britania Raya. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.Walaupun dikembangkan sejak dasawarsa 1980-an, penggunaan ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan spesifikasi versi keduanya (ITIL v2) yang paling dikenal dengan dua set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT Service Management), yaitu Service Delivery (Antar Layanan) dan Service Support (Dukungan Layanan).
Sumber :https://kolisbervespa.wordpress.com/2016/04/09/manajemen-layanan-sistem-informasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar