3.2 Buat alur/kerangka program
animasi pada tugas yang sebelumnya serta rancangan tampilannya!
- langkah
bola pantul dengan flash sebgai berikut :
1. Buka applikasi Macromedia
anda, kemudian klik Flash Document pada halaman Created New.
2. Setelah muncul halaman baru,
selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda. Selanjutnya klik
ukuran Default media kemudian pada halaman Document properties ganti
ukuran menjadi 200 x 200 px (terserah anda). Klik Ctrl+F3 untuk kembali
ke media.
3. Rename Layer 1 menjadi Alas/lantai,
selanjutnya klik menu Rectangle Tool (R) kemudian buatlah gambar kotak
persegi panjang pada media dengan menggerakkan mouse anda.
4. Tambahkan 1 Layer lagi,
kemudian ganti nama menjadi Bola.
Klik menu Oval Toll (O), kemudian
buatlah sebuah gambar lingkaran dengan posisi seperti gambar dibawah.
5. Selanjutnya klik dibawah angka
Frame 20 Layer Bola, kemudian tekan tombol F6 pada keyboard anda.
Lakukan hal yang sama pada Layer Alas.
6. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 10 pada Layer Bola, kemudian
Klik Kanan dan pilih Created Motion Tween, dan kemudian dilanjutkan dengan
menekan tombol F6 pada keyboard anda.
7. Selanjutnya geser gambar bola keatas dengan menekan tombol SHIFT+tanda
panah keatas hingga posisi gambar bola seperti pada gambar dibawah. Tekan
tombol Ctrl+ENTER pada keyboard anda untuk melihat hasilnya.
Alur/kerangka program animasi pada tugas animasi gunung meletus !
- langkah gunung meletus dengan
flash sebagai berikut :
1. Buka applikasi Macromedia
anda, kemudian klik Flash Document pada halaman Created New.
2. Setelah muncul halaman baru,
selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda. Selanjutnya klik
ukuran Default media kemudian pada halaman Document properties ganti
ukuran menjadi 700 x 400 px (terserah anda). Klik Ctrl+F3 untuk kembali
ke media.
3. Rename Layer 1 menjadi gunung,
selanjutnya klik menu Line Tool, Rectangle
Tool, Oval Tool kemudian buatlah
gambar jalan dan gunung sesuai selera dengan menggerakkan mouse anda.
4. Rename Layer 2 dan 3 menjadi api,
selanjutnya klik menu Brush Tool kemudian
buatlah api seperti menyembur sesuai selera dengan menggerakkan mouse anda.
Untuk layer2
untuk layer 3
5. Selanjutnya klik dibawah angka
Frame 20 Layer api1, frame 30 layer
api 2, dan frame 30 juga untuk layer gunung. kemudian tekan tombol F6
pada keyboard anda. Lakukan hal yang sama pada Layer gunung.
6. Selanjutnya klik dibawah
angka Frame 10 pada Layer api 1 dan 2 , kemudian Klik Kanan dan pilih Created
Motion Tween, dan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol F6 pada
keyboard anda. Tekan tombol Ctrl+ENTER pada keyboard anda untuk melihat
hasilnya.
sumber :
https://lombokdihati.wordpress.com/2012/06/15/cara-membuat-gambar-animasi-bola-memantul/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar