Rabu, 02 Mei 2018

3.2 Buat alur/kerangka program animasi pada tugas sebelumnya !


3.2 Buat alur/kerangka program animasi pada tugas yang sebelumnya serta rancangan tampilannya!

 - langkah bola pantul dengan flash sebgai berikut :
1. Buka applikasi Macromedia anda, kemudian klik Flash Document  pada halaman Created New.
2. Setelah muncul halaman baru, selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda. Selanjutnya klik ukuran Default media kemudian pada  halaman Document properties ganti ukuran menjadi 200 x 200 px (terserah anda). Klik Ctrl+F3 untuk kembali ke media.
3. Rename Layer 1 menjadi Alas/lantai, selanjutnya klik menu Rectangle Tool (R) kemudian buatlah gambar kotak persegi panjang pada media dengan menggerakkan mouse anda.



4. Tambahkan 1 Layer lagi, kemudian ganti nama menjadi Bola.
Klik menu Oval Toll (O), kemudian buatlah sebuah gambar lingkaran dengan posisi seperti gambar dibawah.
 

5. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 20 Layer Bola, kemudian tekan tombol F6 pada keyboard anda. Lakukan hal yang sama pada Layer Alas.


6. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 10 pada Layer Bola, kemudian Klik Kanan dan pilih Created Motion Tween, dan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol F6 pada keyboard anda.


7. Selanjutnya geser gambar bola keatas dengan menekan tombol SHIFT+tanda panah keatas hingga posisi gambar bola seperti pada gambar dibawah. Tekan tombol Ctrl+ENTER pada keyboard anda untuk melihat hasilnya.

Alur/kerangka program animasi pada tugas animasi gunung meletus !

-  langkah gunung meletus dengan flash sebagai berikut :
1. Buka applikasi Macromedia anda, kemudian klik Flash Document  pada halaman Created New.
2. Setelah muncul halaman baru, selanjutnya tekan tombol Ctrl+F3 pada keyboard anda. Selanjutnya klik ukuran Default media kemudian pada  halaman Document properties ganti ukuran menjadi 700 x 400 px (terserah anda). Klik Ctrl+F3 untuk kembali ke media.
3. Rename Layer 1 menjadi gunung, selanjutnya klik menu Line Tool, Rectangle Tool, Oval Tool  kemudian buatlah gambar jalan dan gunung sesuai selera dengan menggerakkan mouse anda.

4.  Rename Layer 2 dan 3 menjadi api, selanjutnya klik menu Brush Tool  kemudian buatlah api seperti menyembur sesuai selera dengan menggerakkan mouse anda.
                   
                    Untuk layer2                                               untuk layer 3

5. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 20 Layer api1, frame 30 layer api 2, dan frame 30 juga untuk layer gunung. kemudian tekan tombol F6 pada keyboard anda. Lakukan hal yang sama pada Layer gunung.


 6. Selanjutnya klik dibawah angka Frame 10 pada Layer api 1 dan 2 , kemudian Klik Kanan dan pilih Created Motion Tween, dan kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol F6 pada keyboard anda. Tekan tombol Ctrl+ENTER pada keyboard anda untuk melihat hasilnya.


sumber  :

https://lombokdihati.wordpress.com/2012/06/15/cara-membuat-gambar-animasi-bola-memantul/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar