Selasa, 14 November 2017

7.2 Fenomena teknologi masyarakat menurut Sastrapratejda (1980)



Jelaskan tentang fenomena teknologi pada masyarakat menurut teori Sastrapratejda (1980) !
a. Rasionalitas
- teknik selalu bertindak sesuai rencana dengan perhitungan rasional. Contoh orang yang ingin kaya, dia membuka usaha warung bakso dan mie ayam.

b. Artifisialitas
- selalu membuat sesuatu yang tidak alamiah. Membuat ekxperimen, biasa dilakukan oleh para pakar-pakar ilmiah dan ilmuan.

c. Otomatisme artinya dalam organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Selain itu juga mampu merubah kegiatan non teknis menjadi kegiatan teknis.

d. Monisme
- paham yang menolak adanya golongan-golongan di dalam masyarakat. Paham ini berangkat dari pokok pemikiran bahwa setiap golongan yang berlainan aliran pemikirannya akan mendatangkan perpecahan.
Pelaksanaan paham ini cenderung memaksakan persatuan dan menindas oposisi. Monisme adalah lawan dari pluralisme.

e. Universalisme
- universalisme adalah sistem paham dimana penyatuan seluruh subyek menuju ke satu opini yang dianggap mampu mencangkup batas-batas keseluruhan aspek bahkan dapat mengusai kebudyaan.
Dalam bahasa Latin ditemukan kata universum yang berarti “alam semestadunia”.Dari kata itu, dibentuk kata sifatnya, yaitu “universalis”, yang artinya umum, mencakup semua, menyeluruh. Dalam bahasa Inggris, kata Latin universalis menjadi universal. Kata ini dapat berarti konsep umum yang dapat diterapkan pada sisi mana pun.
Dari kata universalis dan universal itulah istilah universalisme berasal.

f. Otonomi
- teknik berkembang menuju ke hal yang lebih baik didasari menurut prinsip-prinsip sendiri.




Sumber : http://muslikhatun-antropologi.blogspot.co.id/2010/11/ilmu-pengetahuan-dan-teknologi.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar