Sabtu, 11 November 2017

1.1 ilmu sosial dasar?

1.  Sebagai mahasiswa, apa yang anda ketahui tentang tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar?

  Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah.

2.  Bagaimana anda menyikapi keanekaragaman kehidupan sosial budaya yang ada di negara indonesia?

-   Saling bertoleransi antar manusia agar terjalin kehidupan  sosial yg harmonis. -   Menjaga diri tidak menjelekan  status sosial orang lain Membantu 1 sama lain/klompok/golongaan agar kehidupan sosial bangsa menjadi berkembang


3. Tujuan mempelajari Ilmu sosial dasar

             

   -  masalah sosial Setiap lingkungan pasti memiliki yang namanya masalah sosial adalah masalah sosial yang terjadi di Indonesia mungkin sudah sering melihat atau mengetahui berbagai masalah yang terjadi disekitar kita, seperti kemiskinan, pengangguran, korupsi, kesenjangan sosial dan masih banyak lagi.-membahas tentang kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Seseorang disebut miskin apabila ia tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar ini terbagi menjadi 5, yaitu : sandang, papan, pangan, kesehatan serta pendidikan. Menurut Ilmu Sosiologi ada beberapa hal yang menyebabkan kemiskinan:Pilihan untuk menjadi ( atau tetap ) miskin, yang tercermin dari pola pikir, pilihan hidup, dan perilaku individu; misalnya berperilaku malas atau tidak mau berusaha. Sulitnya akses untuk mendapat pendidikan yang layak dan pekerjaan. perasaan terbiasa dengan kemiskinan ( karena hidup di lingkungan miskin ) sehingga kemiskinan itu di anggap hal yang wajar. Menurut saya kemiskinan itu pasti bisa diatasi, dan setiap orang pun memiliki pikiran yang berbeda tentang bagaimana cara mengatasi kemiskinan. Optimis adalah salah satu kunci terpenting dalam menghadapi masalah, sebaliknya kalau anda pesimis semuanya akan terasa lebih berat. Berikut cara mengatasi kemiskinan :- kesehatan : kesehatan berhubungan erat dengan kemiskinan, karena ini menimbulkan pertanyaan tersendiri. " bagaimana cara bisa berobat/ kerumahsakit kalo tidak mempunyai biaya(miskin)?"dan kita juga pernah mendengar "Orang miskin dilarang Sakit". dalam arti ini lah kesehatan menjadi  masalah sosial. sekarang sudah ada BPJS dan kartulainnya yang berperan untuk kesehatan, dengan ini rakyat Miskin yang mengalami kesehatan/sakit dapat berobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar