Selasa, 09 Januari 2018

4.1. Jelaskan dan berikan solusi untuk audit SI tentang sistem pembobolan uang pada mesin ATM !




- Kasus pencurian data nasabah bank kembali merebak. Kali ini, pencurian yang diduga menggunakan modus skimming (penggandaan) data yang terekam dalam kartu ATM menimpa Bank Mandiri, bank terbesar milik pemerintah. Akibat kasus ini, manajemen Bank Mandiri terpaksa mengganti 2 ribu kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik nasabahnya. Bank Mandiri beralasan penggantian kartu tersebut untuk mencegah terjadinya pembobolan lanjutan. Tapi jika tak ada upaya perlindungan maksimal dari si pengguna, pembobolan rekening masih terus akan terjadi.  Untuk itu BI menghimbau nasabah untuk mengganti PIN secara berkala sebagaimana telah diingatkan oleh pihak bank selama ini dengan cara:

1. Melindungi kerahasiaan PIN antara lain dengan menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak dilihat oleh pihak lain dan tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah merupakan petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.
2. Memperhatikan kondisi fisik ATM dan sekililingnya dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat dan atau kepada pihak berwajib.
3. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM / Debit pada merchant / toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan, diharapkan nasabah memperhatikan kondisi alat EDC (Electronic Data Capture) pada setiap merchant tersebut, bila terdapat alat (device) mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah dihimbau tidak bertransaksi dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat atau kepada pihak berwajib.
4. mengganti PIN secara berkala.
Saat ini kebanyakan bank memberikan PIN enam digit sebagai standar. Namun Anda harus mengganti PIN tersebut dengan angka yang mudah diingat. Ganti PIN sedikitnya dua bulan sekali agar terhindar dari pembobolan dan jangan memberitahukan nomor tersebut kepada orang lain.


5.  Pencet Keyboard Secara Acak Seusai Bertransaksi.
Setelah Selesai Bertransaksi, Biasakan Memencet Secara Acak Tombol Angka di Mesin ATM. Salah satu modusskimming yang paling canggih adalah melacak sidik jari dan gerak jari seseorang saat bertransaksi di ATM. Dengan teknologi itu, si pencuri bisa mengetahui nomor PIN orang lain yang baru saja bertransaksi di ATM. Kita bisa menghapus jejak jari seusai transaksi dengan cara memencet acak tombol ATM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar