Selasa, 09 Januari 2018

4.2. Jelaskan dan berikan solusi untuk audit SI tentang sistem pembobolan uang pada E-Money !




- Penggunaan uang elektronik tentu bukan lagi sebuah hal yang baru di dalam dunia perbankan, sebab selama beberapa tahun belakangan ini beberapa bank telah menggalakkan penggunaan fitur yang satu ini di dalam layanan mereka. Namun meskipun demikian, hal ini tetap dirasa kurang maksimal, hal ini terlihat dari jumlah penggunanya yang terbilang masih cukup rendah. Bahkan, sebagian besar masyarakat mengaku belum mengenal dan mengetahui fitur perbankan ini, sehingga tak jarang sejumlah oknum kejahatan justru memanfaatkannya untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.
Dalam hal ini ini, biasanya pelaku akan sedikit memaksa agar korban segera ke mesin ATM dan melakukan pengecekan secara langsung di sana, tentunya dengan tidak menutup percakapan di telepon tersebut, agar korban tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengecekan pulsa yang tentu saja tidak pernah bertambah tersebut, termasuk mengantisipasi jika korban melakukan pengecekan ke layanan bank atau operator seluler yang mengatasnamakan oleh pelaku kepada korban.
Jika dituruti, maka biasanya pelaku akan menggiring korban ke mesin ATM dan akan menanyakan jumlah saldo korban yang terdapat di dalam rekening tersebut, hal ini untuk mempermudah pelaku dalam menentukan jumlah uang yang akan dikuras dari rekening korbannya. Dengan lihai pelaku akan memandu korban dengan urutan seperti di bawah ini:
  • Masuk ke menu utama
  • Dilanjutkan dengan menu “Transaksi lainnya”
  • Lalu “Pilih uang elektronik”
  • Kemudian dilanjutkan dengan “Mandiri E-Cash”
  • Lalu klik “Isi ulang”
·         Maraknya penipuan yang terjadi melalui layanan E-Cash tentu akan membuat sebagian orang merasa khawatir, sebab tindakan ini bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian yang cukup besar bagi para korbannya. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghindari hal tersebut:


1. Melek Teknologi dan Informasi
- Hal yang paling aman dan tepat untuk mengantisipasi berbagai modus kejahatan perbankan tentu saja dengan mengetahui berbagai perkembangan dan juga fitur yang terdapat di dalam layanan perbankan tersebut, terutama untuk yang terbaru dan paling canggih. Ada banyak isu yang perlu diketahui terkait dengan hal tersebut melalui layanan internet, sehingga berbagai modus kejahatan yang mungkin terjadi bisa dihindari dengan tepat.

 
 
2. Jangan mudah tergoda undian/hadiah
- Pelaku kejahatan akan mengiming-imingi korbannya dengan sejumlah uang dan juga hadiah yang cukup besar, dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab tingginya tingkat kejahatan di bidang perbankan. Hindari dan jangan mudah tergoda dengan berbagai hadiah tersebut, terutama jika ternyata pelaku berupaya dengan keras untuk mempengaruhi dan melakukan tindakan penipuan tersebut.
3. Jangan pergi ke ATM dengan panduan orang lain.
- Kegiatan perbankan adalah hal yang sangat rahasia, dan tidak membutuhkan panduan atau arahan seseorang untuk melakukannya, termasuk ketika bertransaksi di mesin ATM. Hindari hal ini, apalagi jika dipandu oleh seseorang yang tidak dikenal melalui sambungan telepon semata.
4. Jangan meladeni percakapan telpon dengan orang yang tidak di kenal
- Hal yang paling mudah untuk mengantisipasi berbagai tindak penipuan adalah dengan memutuskan sambungan telepon yang berasal dari seseorang yang tidak dikenal dan tidak berkepentingan apapun dengan Anda. Tindakan ini sangat penting untuk dilakukan, terutama jika seseorang yang menelepon tersebut mencoba untuk mempengaruhi atau memandu Anda untuk melakukan berbagai tindakan yang dapat merugikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar