Selasa, 09 Januari 2018

4.2 Bandingkan dan jelaskan inovasi apa yang paling utama pada aplikasi transportasi online di Indonesia.




Harus diakui bahwa kehadiran transportasi berbasis aplikasi online di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, memberikan banyak manfaat bagi para pengguna jasa transportasi. Transportasi berbasis online ini seakan menjadi jalan tengah kondisi mobilitas masyarakat perkotaan yang intensitasnya tinggi diantara kemacetan jalan raya yang persoalannya tidak mudah terurai. Kita tidak menafikkan bahwa transportasi online menjadi pilihan karena keunggulannya yang tepat waktu dan ongkos yang terjangkau. Sayangnya polemik terus muncul, khususnya perseteruan antara transportasi umum berbasis online dengan transportasi umum konvensional.
Di satu sisi transportasi online sendiri merupakan bisnis inovasi yang memanfaatkan kecanggihan perkembangan telepon pintar di era digital. Para founder transportasi online ini tidak perlu punya ribuan armada transportasi tetapi berfokus pada jualan aplikasi. Kalangan yang bisa tersentuh adalah mereka yang melek teknologi baik dari sisi pengemudi maupun sisi pelanggan. Melek teknologi ini dibutuhkan sebuah kemauan yang kuat. Kemauan itu terkait dengan unsur non-materi sebagai bentuk etos kehidupan seseorang.
Namanya saja bisnis inovasi artinya baik pelaku bisnis maupun penikmatnya harus terus mengikuti inovasi-inovasi yang ada. Namun culture lag itu tidak bisa diubah begitu saja seperti membalikkan telapak tangan. Itulah kenapa program revolusi mental di era Presiden Jokowi ini cukup sulit dilaksanakan, sesuatu yang berbentuk kebendaan lebih cepat berubah daripada kesiapan mental seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar