Rabu, 13 Juni 2018

4.1 Bagaimana cara melakukan testing untuk merecorvery data pada server? Berikan contoh !


 Testing untuk merecorvery data pada server



Recovery merupakan kebalikan dari proses Backup. Recovery adalah proses mengembalikan data pada tempat atau kondisi semula. Sederhananya adalah proses Backup adalah proses pengeluaran (export) data sedangkan proses Recovery adalah proses pemasukan (import) data dari data yang dibackup atau dari data masukan manual.

Kegunaan :
Kegunaan dari proses ini adalah kemudahan serta keefektifan proses input data dari data backup-an. Misalnya saat sistem operasi komputer kita sudah normal dan MySQL juga sudah stabil maka kita tidak perlu lama-lama lagi memasukan data lama. Kita hanya perlu me-Recovery data yang sebelumnya telah di back-up.

Praktik Proses Recovery :
Pada MySQL, proses Recovery telah disediakan sedemikian rupa, begitu juga software-software selain MySQL, sudah ada tool untuk melakukan proses ini. Secara prinsip semunya sama hanya listing kode dan setingannya saja yang berbeda.

sejatinya data pribadi kita diserver adalah hal yang sangat rentan untuk berpotensi terhapus. sebagai seorang pemula, banyak sekali yang ingin di ketahui dari sebuah server, salah satu nya dalam mengoperasikan CPANEL. 

Recorvery dengan CPANEL

Tahapan untuk recorvery data server

1.         Cek database/file backup
Menu Backup berada di database, biasanya pihak hosting melampirkan backup bulanan atau mingguan.


Cpanel
2.      Cek Folder Trash/
folder trash terletak di file manager. kemungkinan file yang terhapus akan tersimpan di folder trash, coba dicek dulu.


Folder trash


3.   Hubungi pihak hosting
Tanya pada pihak hosting, apakah ada backup bulanan atau mingguan untuk file atau database website kita.

4.    Cek di Email
untuk backup berbentuk postingan, maka tinggal cari di email kita masing-masing, biasanya kita kan selalu subscribe email sendiri, untuk platform wordpress kebetulan admin mengaktifkan publish dari jetpack, jadi tinggal cari emailnya.

5.    Cek di google
kebetulan cara terakhir ini berhasil mengembalikan data-datanya, setidaknya admin dapat full post admin di google, dengan cara ini admin berhasil mengembalikan postingan kembali, walaupun harus copy paste satu persatu.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar